Thursday, March 10, 2016

Makna Kata Ilmu

Bismillahirramanirrahim
Makna Kata Ilmu
Setiap orang mendambakan mempunyai jenjang pendidikan yang baik, menyelasaikan pendidikannya sampai tingkat tertinggi, dengan berbagai alasan kita ingin terus meningkatkan kualitas diri kita melalui pendidikan. Sebagian mereka karna ingin berkarir, menempuh pendidikan untuk lebih baiknya masa depan, dan tidak menutup kemungkinan sebagian mereka terus memperdalam kemampunnya karna ingin mendapatkan derajat yang tinggi di sisi tuhan.
Mungkin kita sudah sering mendengat bahwa tuhan akan mengangkat derajat orang-orang yang berilmu, dalil-dalil yang mendukung hal itu mungkin sudah sangat familiar bagi kita semua. Namun adakah kita mengetahu makna dari kata ilmu itu sendiri yang dalam bahasa arab terdiri dari tiga huruf, yakni: Ain, Lam, dan Mim (علم).
Dalam kita dzurratun nasihin, dalam bab fadilah ilmu, dijelaskan bahwa kata ilmu memilik makna sebagai berikut.
1.         Ain (ع) memiliki arti ILLIYYIIN / maqam tertinggi
2.         Lam (ل) memiliki arti Lathif / halu, tenang atau pemurah
3.         Mim (م) memiliki arti Mulk / kerajaan
Ketiga huruf tersebut, berkaitan dengan pemiliknya yang akan membawa pengaruh berikut: Ain dapat menjunjung pemiliknya ke tingkat derajat tertinggi/mulia. Lam dapat membina pemiliknya berwatak lemah lembut, tenang dan pemurah (dermawan). Dan Mim dapat membina pemiliknya berjiwa pemimpin dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi penguasa atau raja.


Semoga bermafaat.. J

No comments:

Post a Comment